Rabu, 05 Februari 2014

Fiture - Fiture Acces Point



1.     Fiture – fiture acces poin
·        Acces Point : Dalam jaringan computer adalah sebuah jalur akses nirkabel ( Wireless Acces Point atau AP ) adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan wifi, Bluetooth, atau standar terkait.

·        Repeatter     : Suatu perangkat yang dipasang di titik – titik tertentu dalam jaringan untuk memperbaruhi sinyal – sinyal yang transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat ditempuh.

·        WDS           : WDS atau Wireless Distribution System adalah suatu system yang memungkinkan interkoneksi nirkabel jalur akses dalam IEEE 802.11 jaringan, hal ini memungkinkan jaringan nirkabel yang akan diperluas menggunakan beberapa jalur akses tanpa memerlukan kabel tulang punggung untuk menghubungkan mereka.

·        Bridge         : Sebuah kompenen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segment jaringan. Bridge jaringan beroprasi didalam lapisan data-link pada model OSI.

·        Router         : Perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada jaringan – jaringan lainnya, maka dengan router sebuah protocol bisa kita sharing ke perangkat jaringan lainya.









2.     Bedanya IP private dengan public
·        IP Private hanya bersifat local dan tidak bisa digunakan untuk mengakses internet dan penggunanya bebas
·        IP Public bersifat Worlwide bisa digunakan untuk mengakses internet namun pengguna atau konfigurasinya tidak bebas ( ada yang mengatur )

3.     Subnet adalah Network yang berada didalam sebuah network lain ( class A, B, C ). Subnet dibuat menggunakan satu atau lebih bit – bit didalam Host Classs A, B atau C untuk memperlebar network ID. Jika standard network ID adalah 8, 16, dan 24 bit, maka subnet bisa memiliki panjang network ID yang berbeda-beda.

·        Kegunaan Subneting
o   Untuk memecahkan network ID yang dimiliki oleh suatu organisasi menjadi beberapa network ID lain dengan jumlah anggota jaringan yang kebih kecil
o   Masing – masing jumlah hostnya tidak sebesar jumlah sebesar maksimal IP host yang disediakan oleh satu kelas IP addres dari network ID yang dimiliki organisasi tersebut
·        DNS atau Domain Name System adalah distribute database system yang digunakan pencarian nama computer ( name resolution ) dijaringan yang menggunakan TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ).
·        Fungsi dan peran ISP
-         Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet
-         Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat
-         Menyediakan modem untuk dial-up
-         Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web ( www )
-         Memungkinkan seseorang user menggunakan layanan surat elektronik atau (e-mail)
4.      SSID atau Service Set Indenfifirer adalah tempat mengisikan nama dari acces point yang akan disetting, misalnya dengan menggunakan super scan, maka nama yang akan timbul adalah nama SSID yang di isikan tersebut



-         WEP
Adalah security untuk wireless yang agak lama. Jenis security ini mudah untuk dicrack atau disadap orang luar. WEP menggunakan 64bit dan 128bit

-         WPA – PSK
Adalah security yang lebih update dari WEP. WPA – PSK mempunyai descryption yang ada pada WEP. WPA – PSK masih bisa dicrack atau disadap, tetapi mengambil masa lebih lama dari WEP.

-         WPA2 – PSK
Adalah security terbaru untuk wireless, dan lebih bagus dari WEP dan WPA – PSK, tetapi masih bisa untuk dicrack atau disadap tetapi sangat memakan banyak waktu. Dalam WPA2 – PSK ada 2 jenis descryption, Advanced Encryption Standard ( AES ) dan Temporal Key Integrity Protocol ( TKIP). TKIP banyak kelemahan oleh itu lebih baik anda menggunakan AES. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 Hexadecimal atau ASCII ( Seperti biasa)
-         Mixed

-         WPA
Atau Wifi Protected Acces adalah suatu system yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel. Metode pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari system yang sebelumnya, yaitu WEP.



-         WPA2
Adalah sertifikasi produk yang tersedia melalui Wifi Alliance. WPA2 Sertifikasi 2 hanya menyatakan bahwa peralatan nirkabel yang compatible dengan standard IEEE802.

-         WPA – Mixed

Tidak ada komentar:

Posting Komentar